Kamis, 28 Oktober 2010

Tinggalkan Trauma dengan Berbagai Permainan

28 Oktober 2010 14:59
SLEMAN - Keceriaan memancar di wajah bocah-bocah korban letusan Gunung Merapi yang tinggal di posko pengungsian Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta, Kamis (28/10) siang. Bocah laki-laki maupun perempuan terlihat asyik bermain ditemani para relawan dari lembaga kemanusiaan nasional Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU).

Selain bermain sejumlah permainan tradisional seperti gobak sodor dan kereta-keretaan, mereka juga bernyanyi bersama. Tak ketinggalan, para lelaki pun bermain sepakbola. Lelah bermain, para bocah makan bersama.


“Ini supaya anak-anak tidak sedih dengan bencana. Mereka harus ceria,” ujar koordinator PKPU Aris Budi Santosa. Menurut Aris, pihaknya juga menemani mereka dengan dongeng sebelum tidur untuk menghilangkan trauma anak-anak korban Merapi ini. “Yang penting mereka senang,” lanjutnya.


Selain korban Merapi, para relawan PKPU juga berangkat ke Mentawai untuk memberikan keceriaan pada anak-anak korban gempa dan tsunami. PKPU saat terjadi kerusuhan di Ambon, Maluku, beberapa tahun lalu. Sejak saat itu PKPU mulai fokus pada pemulihan mental anak korban bencana. Namun, mereka juga tetap memberi bantuan berupa logistik dan kesehatan. (MRQ/foto: liputan6com)


Sumber
: Berita Liputan6.com, Kamis, 28/10/2010

Tidak ada komentar: