Senin, 05 Juli 2010

PELATIHAN HEART INTELLIGENCE


Keceradasan otak saja tidak cukup untuk menjadikan kita sebagai manusia yang berhasil. Banyaknya kasus korupsi yang terjadi menjadi salah satu contoh bahwa kecerdasan intelektual tanpa diseimbangkan dengan kecerdasan hati justru akan membawa banyak masalah bagi ummat. Minggu kemarin (4/07/2010), PKPU Surabaya mengadakan pelatihan bertajuk Heart Intelligence Training yang bekerja sama dengan Synergy Leadership Center dari Yogyakarta. Pelatihan yang merupakan kreasi dari acara Muslims’ Vision PKPU ini bertujuan mengajak kita untuk dapat menyeimbangkan kecerdasan intelektual, emosional, serta spiritual dalam diri kita.
Antusiasme peserta telah tampak bahkan sebelum acara dimulai. Sejak jam 07.30 pagi, peserta telah mulai berdatangan, padahal registrasi peserta baru akan dibuka pada pukul 08.00 wib, Tak kurang dari 180 peserta yang terdiri dari donatur rutin PKPU Surabaya serta masyarakat umum, memenuhi Auditorium Perbanas Surabaya yang menjadi tempat acara tersebut.
Antusiasme peserta semakin tampak ketika acara telah berlangsung. Suguhan materi yang menyentuh disampaikan Drs. Basuki selaku trainer acara dengan ringan dan menarik. Di sela-sela materi diselipi pula game-game interaktif yang dijamin akan dapat mengalihkan otak kita dari rasa kantuk. Tak jarang pula peserta larut dalam renungan-renungan yang mampu menguras air mata. “Alhamdulillah, semoga memberi manfaat yang berarti bagi peserta dan panitia”, ujar Ika, ketua pelaksana acara tersebut.
Di akhir acara, peserta dipasangkan dengan peserta lain. Selembar amplop berisi kertas tisu dibagikan kepada masing-masing peserta. Mereka kemudian diajak untuk saling menghargai pasangan masing-masing. Pak Basuki mencontohkannya dengan memberikan tisu yang telah disediakan panitia di dalam amplop kepada pasangannya. Tak disangka, ternyata banyak peserta yang mengisi amplop tersebut dengan uang. Dan begitu diinstruksikan bahwa amplop tersebut sedianya akan didonasikan ke PKPU dengan seijin masing-masing peserta, maka tak sedikit pula peserta yang kemudian menambahkan sejumlah rupiah lagi ke dalam amplop tersebut. Seluruh peserta akhirnya mengikhlaskan isi amplop tersebut untuk didonasikan ke lembaga PKPU Surabaya. Dan hasilnya, hampir 3 juta rupiah telah terkumpul dari amplop para peserta tersebut.
Beberapa peserta mengaku sangat puas dengan acara yang baru berakhir menjelang maghrib ini. Mereka salut dan berharap PKPU Surabaya akan mengundang mereka jika diadakan acara semacam ini lagi. Seorang peserta perwakilan dari Bea Cukai bahkan merasa sangat beruntung telah terpilih mewakili instansinya untuk menghadiri acara tersebut. “Semua ini atas izin Allah, Dia yang menuntun saya ke sini. Sebelumnya saya tidak pernah mengira akan ada di sini.” Wanita berjilbab itu menuturkan bahwa di pelatihan ini ia merasa semua yang dialami dalam hidupnya selama ini berbaur dengan seluruh materi yang disampaikan. “Sangat bermanfaat. Insyaallah acara ini dirahmati Allah, dan kita semua akan mendapatkan pencerahan dari acara ini”, ujarnya. (rya/pkpu surabaya)

Tidak ada komentar: